Benjolan Di Bibir Kemaluan Wanita

Timbulnya benjolan di bibir kelamuan wanita sebelah kiri ataupun kanan sering kali membuat setiap wanita takut dan khawatir, berikut adalah cara ampuh mengobatinya

Benjolan Di Bibir Kemaluan Wanita

Sebagian besar wanita pasti akan merasa takut dan khawatir ketika menemukan benjolan di bibir kemaluan, utamanya jika benjolan terus ada dan semakin membesar.

Hal tersebut wajar karena memang perlu untuk kita selalu waspada akan hal-hal yang tak biasa atau lazim terjadi pada umumnya, guna menghindari dan mencegah timbulnya kondisi yang lebih serius.

Menstruasi dan persalinan adalah proses rumit yang harus dialami oleh setiap wanita. Dimana akibat proses rumit tersebut organ kewanitaan dapat mengalami berbagai perubahan baik karena trauma atau karena perubahan sel yang tak diketahui sebabnya.

Salah satunya adalah bisa menyebabkan timbulnya benjolan di area organ kewanitaan yang perlu di atasi sedini mungkin, guna mencegah hal yang tak diinginkan.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya benjolan di bibir kemaluan wanita sebelah kiri ataupun kanan, yakni :

  • Kista bartholin
  • Fibroma yakni tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat bibir kemaluan
  • Lipoma yakni tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak
  • Sarkoma, tumor bersifat ganas
  • Adenocarcinoma Bartholin, tumor ganas yang mengerang kelenjar bartholin
  • Kanker vulva
  • Herpes genital
  • Kutil kelamin
  • Ulkus mole (chancroid) atau infeksi genetikal
  • Sifilis
  • Vulvovaginitis
  • Dermatitis

Dari beberapa penyebab tersebut ada beberapa sebab yang mesti diwaspadai dan diatasi dengan serius ketika mengalaminya, yakni :

Kista Bartholin

Kista bartholin menjadi salah satu penyebab paling sering dari munculnya benjolan di bibir kemaluan wanita.

Kista ini terbentuk dari kelenjar bartholin yang mengalami penyumbatan akibat adanya infeksi bakteri, iritasi jangka panjang, atau peradangan.

Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin di bibir kemaluannya, fungsi dari kelenjar ini adalah sebagai penghasil cairan pelumas.

Ketika kelenjar ini tersumat maka akan menyebabkan timbulnya benjolan ( kista ) yang mana dapat pula terinfeksi sehingga meradanga.

Ketika benjolan mengalami infeksi maka biasanya benjolan akan membesar karena membengkak serta penderita akan merasakan nyeri terutama saat duduk, berjalan, apalagi saat berhubungan suami isteri.

Ketika kondisi tersebut sudah dialami maka penting untuk setiap penderita melakukan penanganan yang serius.

Kanker Vulva

Timbulnya benjolan di bibir kemaluan juga bisa menjadi indikasi penyakit kanker vulva yang mana kondisi ini lebih sering wanita usia diatas 60 tahun, namun bisa juga terjadi pawa wanita usia muda.

Selain menimbulkan benjolan kanker vulva juga bisa menimbulkan rasa gatal dan sakit disekitar kemaluan.

Sebab munculnya kanker vulva belum diketahui secara pasti akan tetapi ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker ini yaitu pertambahan usia dan kebiasaan buruk merokok.

Infeksi

Berbagai infeksi yang terjadi di kemaluan seperti infeksi sifilis dan herpes genetikal juga bisa menimbulkan benjolan di area kemaluan wanita.

Keduanya termasuk ke dapam penyakit menular seksual. Herpes genetikal biasanya ditularkan melalui kontak kulit dengan orang yang terkena infeksi sementara sifilis umumnya bermula dari luka yang tidak menimbulkan rasa sakit di sekitar vulva atau kemaluan.

Jika kondisi tersebut dialami oleh seseorang maka sangat penting untuk segera melakukan penanganan dan pengobatan yang serius agar tidak ditularkan kepada orang lain.

Cara Mengobati Benjolan Di Bibir Kemaluan Sendiri Dirumah

Hal yang paling direkomendasikan ketika anda menemukan benjolan di bibir kemaluan adalah berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penangnan yang tepat.

Namun ketika kondisi tidak memungkinkan, merasa malu atau takut ketika harus menemui dokter maka anda bisa melakukan beberapa hal sendiri dirumah guna meringankan gejala serta mengobatinya.

Pertama anda bisa duduk berendam di air hangat setinggi panggul untuk meredakan rasa nyeri dan mengecilkan benjolan utamanya jika timbulnya benjolan akibat penyakit kista bartholin yang mengalami infeksi.

Selanjutnya anda bisa mengkonsumsi ramuan herbal atau sulpemen herbal yang memiliki khasiat dan manfaat mampu mengobati penyakit kista dan tumor.

Atau untuk meredakan nyeri anda juga bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang di jual diapotik, namun sebaiknya harus dengan resep dokter.

Salah satu suplemen herbal yang dapat anda konsumsi untuk mengatasi dan mengobati benjolan di bibir kemaluan wanita adalah Walatra Bersih Wanita.

Sponsor By :

Bersih Wanita

Dapatkan Bersih Wanita Asli, Dihalaman Ini Hubungi 0812.1445.0888 ( Tlp/Sms/Wa ) atau silahkan klik tombol di bawah ini !

Harga Produk Rp.165.000/boto Isi 100 Kapsul

Informasi kesehatan ini bersumber dari : hellosehat.com dan alodokter.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Produk BERSIH WANITA Asli Dihalaman KamiPESAN SEKARANG
+ +